Inilah Surga Tersembunyi, Wisata Eksotik di Sekitar Danau Toba

Minggu, 26 Maret 2023 : 05.44

0 komentar


Mutiara Terpendam di seputaran Danau Toba


TERASWISATA - Danau Toba juga memiliki keindahan tersembunyi, dan lokasinya juga berdekatan. Meskipun mungkin namanya belum terlalu populer jika dibandingkan dengan Danau Toba, namun pemandangan alam yang disuguhkan destinasi ini dijamin akan memukau mata. Dilansir dari Indonesiatravel, inilah surga tersembunyi di sekitar Danau Toba

1. Paropo

Alangkah nikmatnya jika dapat menyantap ikan segar yang baru saja ditangkap sembari menghirup udara segar di dekat pegunungan. Sesuatu yang agak sulit dirasakan jika hidup di perkotaan. Terlebih lagi ada pemandangan bak lukisan yang disuguhkan oleh Danau Toba dan lanskap di sekitarnya. 

Desa Paropo yang terletak di tepi Danau Toba, Sumatra Utara. Nuansa desa yang masih otentik, kehangatan dari masyarakat setempat, pemandangan pegunungan nan hijau dan kecantikan Danau Toba yang berpadu menjadi satu kesatuan dijamin membuat terkesima. 

Jika ingin berlama-lama menikmati keindahan ini, jangan ragu untuk kemah di lokasi ini, ya. Biasanya ada banyak wisatawan yang memilih untuk bermalam di sini dengan tenda warna-warni dibandingkan menyewa hotel, karena tertarik merasakan suasana baru yang lebih dekat dengan alam.

2. Air Terjun Situmurun, Mengalir Langsung ke Danau Toba

Air Terjun Situmurun yang lokasinya sangat berdekatan dengan Danau Toba tepatnya berada di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini sangat unik karena aliran airnya bukan ke sungai atau anak sungai, melainkan langsung menuju ke Danau Toba. 

Airnya yang sangat segar dan dingin tentu akan membuat Sobat Pesona tergoda untuk berenang. Pesona air terjun ini juga terletak pada ketinggiannya yang mencapai 70 meter dengan tujuh tingkatan. Namun Sobat Pesona harus berhati-hati ya jika memutuskan untuk bermain di air, karena arusnya yang cukup kuat. 

3. Bakkara

Ini adalah sebuah lembah tempat kelahiran Raja Batak, Sisingamangaraja. Posisinya berada di pinggir Danau Toba dan diapit oleh bukit-bukit dengan pemandangan menawan. Lembah ini dapat dijadikan sebagai spot alternatif jika Sobat Pesona ingin menikmati pesona Danau Toba dari ketinggian. 

Bakkara juga dikenal kerana memiliki tempat pemandian peninggalan Sisingamangaraja yang disebut Aek Sipangolu. Tempat ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat.

4. Air Terjun Efrata

Lokasinya di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir. Air terjun ini menjadi destinasi yang wajib masuk dalam itinerary wisatawan yang sedang berkunjung ke Danau Toba. 

Meski tak setinggi Air Terjun Situmurun, yakni hanya sekitar 20 meter, pemandangan di sekitarnya tak akan mengecewakan. Posisi air terjun ini diapit oleh perbukitan dan airnya yang berasal dari Bukit Barisan juga sangat jernih. 

5.  Simarjarunjung

Puncak bukit ini menyajikan kecantikan Danau Toba sebagai daya tarik utama. Dari titik ini, air Danau Toba akan nampak hijau atau kadang biru. Selain itu, pemandangan alam di sekitar kawasan danau juga akan tampak lebih jelas dari puncak bukit ini. 

Agar semakin memuaskan wisatawan, pihak pengelola juga sudah membangun beberapa spot berfoto yang instagenic dan kekinian. Ada spot balon udara, sepeda yang melayang di atas ketinggian, meja makan yang menggantung, dan masih banyak lagi. Ada juga rumah pohon dan gardu pandang yang dapat digunakan untuk menyaksikan pemandangan Danau Toba secara lebih jelas. Bagi para pemburu sunset, Bukit Simajarunjung adalah spot yang tak boleh terlewatkan.

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories