10 Finalis Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 Unjuk Piawai

Selasa, 23 Februari 2021 : 20.26

0 komentar

Para penonton disajikan pementasan Wayang Suket dan Wayang Gemblung, serta filosofi Wayang Semar Raksasa


Pembukaan ajang final Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 (Kacuk Legowo)

TERASWISATA - Sepuluh finalis unjuk kepiawaian untuk tampil menjadi juara dalam ajang Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 yang dihelat selama dua hari pada Selasa hingga Rabu (23 - 24/02/2021), di Rumah Kebudayaan Dalem Joyokusuman Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah.


Pembukaan perhelatan ajang final festival salah satu kesenian tradisional itu ditandai dengan penancapan gunungan wayang oleh Asisten Pemerintahan Kota Surakarta, Kinkin Sulthanul Hakim bersama Kepala Dinas Kebudayaan Surakarta, Agus Santoso,  dilanjutkan dengan penampilan Tari Bedhaya Balabak oleh Sanggar Tari Semarak Candrakirana.


Masyarakat, khususnya para pecinta seni pedalangan pun dapat menyaksikan acara ini secara daring melalui kanal YouTube Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata Kota Surakarta pada Selasa dan Rabu, 23 dan 24 Februari pukul 10.00 s.d 14.00 WIB.


Adapun penampilan lima dalang kategori A untuk siswa SD pada Selasa, 23 Februari 2021. Lima dalang kategori B untuk siswa SMP bisa dilihat pada Rabu, 24 Februari 2021. Sepuluh dalang cilik finalis yang lolos kurasi ini berasal dari Kota maupun Kabupaten se-Solo Raya.


Lima finalis kategori A berasal dari Kota Surakarta, yaitu Yusuf Ratda Mulya, Arka Pinandhita Arjasa Arkhab Rahadian, dan Gabriel Sanata Putra; dan dari Kabupaten Sukoharjo, yaitu Alif Rizki Ramadhan dan Hafidz Zidan Saputra.


Sedangkan lima finalis kategori B berasal dari Kota Surakarta, yaitu Kanastren Nareswara Darmanasti, Handika Dhimas Sri Cahyanto, dan Juvanda Wahyu Arifky; dari Kabupaten Sukoharjo, Abimanyu Katon Wenang; dan dari Kabupaten Karanganyar, Fajri Nursalim.


Kurator sekaligus juri Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 ini berasal dari akademisi yaitu Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) serta dari dalang profesional.


Di sela acara, Asisten Pemerintahan Kota Surakarta, Kinkin Sulthanul Hakim kepada wartawan mengatakan, pihaknya bersama seniman dan budayawan akan tetap konsisten mewujudkan visi Kota Solo sebagai kota budaya. 



"Pertunjukan ini adalah pertunjukan di tengah pandemi yang tentunya kita harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Harapan kami dengan Festival Dalang Cilik ini dapat memunculkan generasi - generasi muda yang tetap nguri - uri (melestarikan) budaya di Kota Surakarta,"ujarnya.


Dari keseluruhan ada dua puluh lima peserta tapi ada seleksi dari awal sehingga yang tampil nanti ada sepuluh peserta. Kedepan, Solo sebagai Kota Budaya dapat pula diwujudkan lewat festival - festival kesenian salah satunya Festival Dalang Cilik,”imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Agus Santoso, pada kesempatan yang sama menyampaikan, dengan terselenggaranya Festival Dalang Cilik Kota Surakarta 2021 ini diharapkan dapat memotivasi para finalis nantinya untuk dapat mengembangkan bakat seni pedalangan mereka sebagai bentuk pelestarian budaya.


“Tiap kategori akan dinilai dewan juri dan ditetapkan sebagai jawara Dalang Mumpuni, Dalang Sabet, Dalang Catur, Dalang Nggendhingi, dan Dalang Sanggit. Melalui acara ini, diharapkan semua finalis termotivasi mengembangkan bakat seni pedalangan mereka untuk pelestarian budaya yang tercermin pada wayang kulit.” jelasnya.


Adapun juara dalam tiap kategori dengan lima keahlian tersebut akan diumumkan pada Rabu, 24 Februari 2021. Para juara juga akan mendapatkan piagam, trofi, dan uang pembinaan dari Dinas Kebudayaan Kota Surakarta sebagai bentuk apresiasi.


Selain penampilan dari para finalis, Dinas Kebudayaan Kota Surakarta juga menampilkan berbagai jenis wayang dalam rangkaian Festival Dalang CIlik Kota Surakarta 2021 ini. 


Para penonton disajikan pementasan Wayang Suket dan Wayang Gemblung, serta filosofi Wayang Semar Raksasa pada hari pertama. Pada hari kedua, penonton pun bisa menyaksikan pementasan Wayang Kancil dan Wayang Golek. (Kacuk Legowo)


Share this Article

TeraswisataTV

More Stories