Terapkan Physical Distancing Musium Keraton Kembali Buka

Minggu, 08 November 2020 : 22.37

0 komentar

Berbagai persiapan itupun mulai dilakukan pihak Keraton Kasunanan untuk menyambut kedatangan wisatawan ke musium miliknya. Salah satunya menyiapkan empat wastafel baru tempat untuk mencuci tangan


Musium Keraton kembali Dibuka untuk umum (Foto: Dea/teraswisata)

SOLO- Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali membuka musium miliknya setelah lama ditutup menyusul pandemi virus Corona yang melanda seluruh dunia termasuk Solo. Dengan kembali bukannya musium milik Keraton Kasunanan, masyarakat bisa kembali melihat koleksi benda-benda berserjarah yang tersimpan di musium tersebut.


“Setelah ditutup akibat pandemi Covid-19, museum hari ini resmi dibuka kembali untuk aktivitas wisata,” kata Narso (60), salah satu abdi dalem yang juga pemandu wisata museum, Minggu (8/11/2020).


Berbagai persiapan itupun mulai dilakukan pihak Keraton Kasunanan untuk menyambut kedatangan wisatawan ke musium miliknya. Salah satunya menyiapkan empat wastafel baru tempat untuk mencuci tangan. Selain itu juga menyediakan hands sanitizer, melakukan screening suhu tubuh di pintu masuk, serta mengatur physical distancing lalu lintas pengunjung.


“Ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dianjurkan oleh Pemerintah. Termasuk para  pengunjung wajib memakai masker selama di dalam museum,” ungkapnya.



Pantauan teraswisata.com, pada pembukaan perdana yang bertepatan dengan hari libur ini, antusiasme ratusan pengunjung terlihat silih berganti secara bergelombang mulai berdatangan mengunjungi museum.


Dibagi menjadi kelompok - kelompok kecil mencegah kerumunan, mereka di pandu abdi dalem keraton memasuki ruang demi ruang mendengarkan penjelasan tentang asal muasal berbagai benda - benda yang dipajang di dalam museum.


"Seperti sebelum ada pandemi, museum hanya tutup hari Jum'at. Namun bisa saja buka setiap hari jika ada hari libur besar. Biasanya kan banyak wisatawan," ujar pria yang mengaku telah menjadi pemandu wisata museum keraton selama 20 tahun ini.


Di masa penyesuaian kenormalan baru, jam operasional Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai buka dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 15:00 WIB.


Sementara Kepala Museum Keraton Kasunanan Surakarta, KRA Dany Nur Adiningrat menegaskan, bahwa penerapan protokol kesehatan secara ketat bagi pengunjung merupakan upaya pencegahab agar museum tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.


"Kami tidak mau kawasan keraton menjadi trigger, atau klaster baru penyebaran virus corona. Kunjungan tetap kami layani tapi dengan pembatasan - pembatasan untuk mencegah jangan sampai terjadi kerumunan," tandasnya.(Dea)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories