Menikmati Eksotisme Keindahan Gunung Batur, Istana Dewi Danu Diatas Khayangan

Sabtu, 14 November 2020 : 15.16

0 komentar

Alkisah, Gunung Batur yang tertuang dalam cerita Lontar Susana Bali, disebutkan merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan oleh Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu)


Foto: Sumber Instagram : @Yanz_usrock

TERASWISATA - Potensi dan keindahan Gunung Batur tak kalah menariknya. Bahkan keeksotisan dan keindahan Gunung Batur menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Bangli.


Gunung Batur sangat indah jika dipandang di pagi hari karena selain udaranya yang masih sejuk, wisatawan juga akan ditunjukkan dengan turunnya kabut tipis yang menutupi sebagian puncak Gunung Batur.


Setiap objek wisata yang alami (tanpa dicampuri tangan manusia) hampir dipastikan selalu lekat dengan historinya yang menarik untuk dicari tahu karena senantiasa mengandung misteri berbau mistis.


Kadang juga dibumbui dengan cerita-cerita tak masuk akal jika dinalar secara logis dan menggunakan ilmu pengetahuan. Namun justru disitulah letak daya tariknya.


Alkisah, Gunung Batur yang tertuang dalam cerita Lontar Susana Bali, disebutkan merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan oleh Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu).


Sehingga oleh mayoritas masyarakat setempat Gunung Batur dianggap memiliki kekuatan magis yang kental dengan unsur gaibnya.

Foto : sumber Instagram@ceritabalinews

Karenanya pada waktu tertentu seluruh umat Hindu yang berasal dari berbagai daerah di Bali datang ke Gunung Batur ini untuk menghaturkan Suwinih (semacam sesajen) guna menghindari bencana hama yang melanda ladang mereka.


Di setiap objek wisata pasti selalu ada kawasan favorit pengunjung yang seringkali dieksplorasi untuk semakin meningkatkan traffic kunjungan wisata. Nah, di Gunung Batur sendiri memiliki beberapa kawasan yang ditonjolkan yakni kawah gunung, kaldera, dan danau yang kita kenal dengan Danau Batur.


Yang menarik ada aliran air didalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur ke berbagai daerah di Bali sehingga muncul menjadi matar air dan disebut dengan Tirta Suci.


Lokasi Gunung Batur sendiri berdekatan dengan Danau Batur yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota Denpasar.


Jika datang di pagi hari, maka dipastikan pengunjung selain bisa melihat dan merasakan suasana Gunung Batur yang sangat alami dan sejuk.


Bisa juga mengeksplorasi keseluruhan wilayah yang menjadi favorit para wisatawan, termasuk juga Danau Batur yang terletak di kaki gunung. (Sumber Disparbud Kabupaten Bangli).


(Dea)


Share this Article

TeraswisataTV

More Stories