Air Terjun Donok Surga Tersembunyi di Bumi Raflesia 

Selasa, 24 November 2020 : 21.53

0 komentar

Destinasi tersembunyi ini berjarak sekira 78 km dari Kota Bengkulu



TERASWISATA - Bengkulu, propinsi Yang berjuluk ''Bumi Rafflesia'' ini memiliki potensi alam yang sangat indah. Seperti destinasi baru berupa air terjun, yang berada di hutan belantara Bengkulu.


Destinasi tersembunyi ini berjarak sekira 78 km dari Kota Bengkulu. Tepatnya ada di desa Batu Ampar Kecamatan Merigi, kabupaten Kepahiang.


Kepahiang, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Daerah ini tidak hanya memiliki potensi objek agro wisata perkebunan teh Kabawetan, namun juga menjadi kawasan tumbuhnya bunga Rafflesia Arnoldi.


Air terjun Donok, Batu Ampar, namanya. Air terjun dengan ketinggian sekira 25 meter ini memiliki keistimewaan tersendiri.


Berupa empat aliran air terjun kecil. Indah dan mempesona. Belum lagi, air yang jatuh disertai percikan embun saat berada di sekitar lokasi air terjun, bikin traveler jadi betah berlama-lama. Sejuk dan dingin.


Perjalanan menuju lokasi ini sangat menguras tenaga dan adrenalin. Medan yang cukup sulit, berbukit dan curam yang diwarnai dengan tanjakan dan turunan.


Namun jangan khawatir rasa lelah itu karena akan terbayar dengan segera setelah tiba di lokasi. Pemandangan yang bikin berdercak kagum atas keindahan ciptaan Sang Pencipta itu terhampar di depan mata.


Selama perjalana akan menemukan anak sungai yang alirannya bersumber dari aliran sungai Donok, taman wisata alam (TWA) Bukit Hitam dan Bukit Kaba.


Airnya bening, dingin namun menyegarkan. Dari kejauhan terlihat pepohonan menjulang tinggi. Berbagai tanaman hutan tumbuh di kawasan ini. Termasuk, pohon berdiameter satu hingga dua meter. Bahkan, lebih.


Di sepanjang jalan menuju air terjun yang bersumber dari aliran sungai TWA Bukit Hitam dan Bukit Kaba itu juga terdapat batu berukuran besar dan pohon tumbang.


Di lembah, tepatnya. Berjarak sekira 25 meter, dari air terjun. Dari sini gemericik suara air jatuh mulai terdengar.


Air terjun yang diapit tebing batu cadas ini tebomgbdan lumut di sangat dingin. Kolam air terjun berdiameter sekira 15 meter. Kedalaman air tidak begitu dalam.


Untuk menikmati keindahan alam air terjun Donok menempuh perjalanan darat. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua, dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, dari Kota Bengkulu. Begitu tiba di desa Batu Ampar masih berjalan kaki lagi sekitar 45 menit.


Sumber : jelajahhutan.com



 

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories