Haul Sultan Agung Keraton Kasunanan Gelar Kirab Menuju Masjid Agung

Minggu, 20 September 2020 : 21.53

0 komentar

Kerton Solo Gelar Wilujengan Sultan Agung

SOLO - Haul Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo pendiri Kerajaan Mataram di Tanah Jawa, digelar Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan.

Berbeda dalam haul sebelumnya, dalam haul yang diperingati hari ini 2 Sapar Jimakri 1954 dalam penganggalan Jawa, dihadiri 5.500 orang. Namun pada haul tahun ini jumlah yang hadir hanya dibatasi 250 orang saja.

Pembatasan jumlah yang hadir pada haul tahun ini dikarenakan pandemi virus Corona belum juga berlaku. Kendati hanya dihadiri kerabat Yang sangat terbatas, namun jalannya Wilujengan Haul Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo tetap berlangsung meriah.

Pantauan teraswisata.com, kirab dalam rangka Wilujengan Haul Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo diawali dengan barisan prajurit Keraton Kasunanan. Dibelakang barisan prajurit, para abdi dalem membawa tumpengan berjalan dibelakangnya.

Ada 16 tumpeng yang dibawa. Ke 16 tumpeng ini melambangkan penerus Sultan Agung.

Mulai dari Amangkurat keIV hingga Pakubuwono ke XIII raja Keraton Kasunanan yang saat ini masih bertahta. Dibarisan barusan tumpeng dan abdi dalem pembawa ubobrambe, berjalan putri Raja Pakubuwono ke XII yang juga Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan GKR Wandasari.

Setibanya di Masjid Agung ubo rampe yang dibawa dari pagelaran Keraton Kasunanan itu disusun rapi diatas meja yang sudah dipersiapkan. Lantunan shalawat serta ayat suci Alquran dan doa-doa pun dikumandangkan para Kiai Kraton Kasunanan.

Juru bicara LDA Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabumi sebut semua perwakilan trah darah dalem Sinuhun Amangkurat hingga Sinuhun PB XIII, juga turut hadir. "Ini peringatan haul Sultan Agung, pendiri dinasti Mataram yang juga Pahlawan Nasional," jelas Wirabumi, Minggu (20/9/2020).

Dalam haul ini intinya mengirim doa pada Tuhan sesuai amal dan perjuangannya dulu. Dan mengingat bahwa banyak hal yang sudah diperbuat banyak untuk masyarakat, negara dan bangsanya.

"Sehingga pemerintah juga memberikan gelar pahlawan nasional kepada beliau," paparnya.

Yang terakhir, Wirabumi sebut dalam pelaksanaan haul kali diselipkan harapan dan doa khusus agar pandemi kali ini cepat berlalu. "Harapanya, pandemi ini cepat berlalu. Dan kondisi kembali seperti semula," pungkasnya. (brm)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories