Daerah Selatan Pulau Jawa Disebut Paling Parah Dihantam Tsunami Setinggi 20 Meter Berdasarkan Penelitian Peneliti ITB

Rabu, 30 September 2020 : 00.27

0 komentar

Hasil penelitian peneliti ITB menyebut daerah selatan pulau Jawa paling parah dihantam gelombang tsunami setinggi 20 Meter (Foto: Ilustrasi)

TERASWISTA - Sebuah penelitian peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang adannya potensi Tsunami setinggi 20 Meter membuah heboh publik tanah air.

Hasil penelitian bertajuk “Implications for Megathrust Earthquakes and Tsunamis from Seismic Gaps South of Java Indonesia” dan diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report menyebut bagian selatan pulau Jawa merupakan daerah terparah terkena dampak gempa megathrust.

Ia menyebutkan tsunami yang diprediksi itu merupakan periode ulang tsunami 400 tahun lalu. Guru Besar Seismologi ITB, Sri Widiantoro, memaparkan hasil penelitiannya bersama tim secara virtual dan hasilnya mengejutkan.

Dimana daerah selatan Banten diprediksi menjadi daerah dengan gelombang tsunami tertinggi. Potensi ini muncul dikarenakan adanya zona aktif tektonik yang ada di Selatan Pulau Jawa sehingga dapat menimbulkan gempa berskala besar.

Dalam acara virtual ini, Sri Widiantoro memaparkan hasil simulasi selama 3 jam dalam penelitiannya terkait terjadinya gempa megathrust dengan menggunakan model sumber gempa dari hasil inverse data GPS.

Dari penjelasan Sri, ia menyebutkan tsunami yang terjadi akan mencapai tinggi 20 meter di sekitar selatan Banten dimana semakin ke Timur maka gelombang tsunami akan semakin kecil. (Des)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories