Alasan Tahura R. Soerjo Buka Pendakian ke Gunung Arjuno-Welirang

Kamis, 03 September 2020 : 18.16

0 komentar

Gunung Arjuna (Foto: Malang Time)

MALANG -Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, selaku pengelola wisata Gunung Arjuno-Welirang akhirnya membuka akses pendakian meski pandemi Covid-19 masih merebak.

Menurut Kepala UPTTaman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo Ahmad Wahyudi, pembukaan pendakian jalur resmi dilakukan setelah beberapa kali pihaknya menemukan para pendaki ilegal yang mendaki gunung melewati jalur-jalur tikus.

"Kita itu sebetulnya tidak membuka,tapi tidak dibuka itu banyak penerobos-penerobos kaki jadi kesulitan pertama. Kedua protes dari masyarakat," ujar Wahyudi melalui telepon pada Kamis (3/9/2020).

Namun meski telah dibuka akses pendakian ke Gunung Arjuno-Welirang, pengelola mengingatkan pendaki untuk tetap patuh pada protokol-protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan. Para pendaki yang datang wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19, mulai menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak.

"Kita minta satu tenda satu orang,kecuali mereka satu alamat atau satu rumah bisa berbagi tenda, atau tendanya model ada sekat-sekatnya, kalau satu tenda los berapa pun ukurannya satu orang satu tenda," ucapnya.

Pendaki juga diminta melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas bagi rombongan pendaki kecil. Sementara bagi rombongan pendaki lebih dari 10 orang disertai surat keterangan non-reaktif rapid test.

"Harus bawa surat keterangan sehat, kecuali yang rombongan besar di atas 10 orang, kita minta pakai surat rapid test yang hasilnya non-reaktif. Kami takut kalau salah melayani dan justru tertular," tuturnya.

Nantinya lanjut Wahyudi,pendaki bisa mendaftarkan diri melalui website resmi Tahura R. Soerjo di sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id. Di website tersebut nantinya juga akan terlihat berapa kuota yang masih tersedia di dalam kawasan Gunung Arjuno dan Welirang.

"Sistem pendaftarannya online itu kalau mendaftar 500 orang itu sudah otomatis tidak bisa lagi orang registrasi kecuali ada orang lapor turun otomatis ada slot. Jadi kapasitas berada di kawasan tertentu maksimal hanya 500 pendaki per hari. Kalau untuk pembayaran kita masih menggunakan tunai diloket pintu masuk," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, jalur pendakian Gunung Arjuno dan Welirang rencananya akan dibuka mulai Sabtu 5 September 2020 pukul 07.00 WIB. Pendakian di era new normal Pandemi Covid-19 ini akan dibatasi jumlahnya hingga seperempat dari kapasitas maksimal pendaki yang mencapai 2500 orang.(Ris)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories