Pameran Alat Transpotasi Tempo Dulu, Termasuk Penampakan Sepeda Jaman Perang

Minggu, 16 Agustus 2020 : 22.38

0 komentar

Teraswisata - Kawasan Pujasera mendadak dipenuhi aneka jenis kendaraan tempo dulu dan termasuk aneka motor unik keluaran tahun 1970 -an yang pernah berjaya di masanya.

Bahkan dalam pameran tersebut juga dipamerkan jenis sepeda ontel perang BSA tahun 1941 milik Komunitas Sepeda Tua Indonesia Soloraya (KOSTI). Bupati juga berkesempatan untuk menjajal sepeda perang tahun 1941 tersebut.

“Ini tempat wisata baru di Karanganyar, selain melihat kendaraan tua juga bisa membeli sepeda-sepeda tua. Saya ingin Karanganyar menjadi trademark mobil atau kendaraan tua, termasuk sparepartnya,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam pembukaan wisata dan bursa kendaraan Djodel di Pujasera, Karanganyar Kota belum lama ini.

Saat melihat sepeda lipat perang BSA tahun 1941 yang dipergunakan angkatan Udara Inggris pada saat invasi di Malaysia, Bupati Karanganyar terlihat mengamati dengan seksama, anggota KOSTI menyebut sepeda kuno itu didapatnya dari Jogja.

Di Indonesia hanya ada lima, satu diantaranya di Karanganyar. Menurut Juliyatmono, ide kreatif memang bisa muncul dari keadaan yang terpepet. Buktinya, ditengah pendemi covid 19 dan daya beli masyarakat yang turun, Ekraf bersama Dinas Pariwisata bisa memunculkan ide pameran dan bursa kendaraan djadoel.

“Hanya saja, kegiatan ini perlu konsistensi dan berkelanjutan terus menerus. Jangan hanya satu dua hari sepi kemudian ditutup. Justru hal ini harus terus digelorakan supaya Karanganyar juga menjadi trademark barang-barag tempo dulu,” imbuhnya.

Ke depan bisa juga, lemari tua, dipan tua atau alat-alat rumah tangga bisa dijual ditempat ini. Menurut Bupati pemasaran bisa dilakukan dengan sistem bursa atau lelang. Yakni melalui online sehingga menjadi Karanganyar terus maju dan kreatif. (Dtb

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories