Kitchen Painting Lahirkan Karya Lukis Imaginer

Minggu, 16 Agustus 2020 : 10.08

0 komentar

SOLO – Kreatifitas bisa muncul dimana saja dan kapan saja, termasuk dalam kondisi apapun. Salah satu diantaranya adalah karya seni yang muncul dari ide  kreatif dari seorang Guru Besar UNS.

Ya, di tangan Prof. Dr. Andrik Purwasito alat-alat dapur bisa menjadi sarana untuk menuangkan imajinasinya dalam bentuk lukisan yang disebut Kitchen Painting. Karya lukis tersebut dipamerkan studio dan galeri Wong Kampoeng Contemporary, belum lama ini.

"Kitchen Painting lahir dari covid 19 yang mengharuskan kita lebih banyak tinggal di rumah. Sering melihat alat dapur membuat kreatifitas muncul," paparnya saat pembukaan galerinya. 

Saat mendemokan lukisan dengan media alat dapur, terciptalah hasil karya seni imaginer yang selanjutnya oleh pelukisnya dinamakan Eye Insede. Dalam lukisan tersebut menggambarkan banyak mata yang melihat namun  memperlihatkan wajahnya secara utuh.

"Filosofi dari gambar tersebut kita hendaknya harus berhati-hati ditengah pandemi global seperti saat ini," jelas alumnus Ecole Des Hautes Etudes en Science Sociales, Paris Perancis.

Ditambahkan Andrik, jangan sampai pandemi seperti sekarang ini melemahkan diri untuk terus. berkreativitas. 

Andrik juga menambahkan pembukaan Studio dan Galery seni Wong Kampoeng Comtemporary, sebagai sarana atau  tempat untuk seni budaya, seni pertunjukkan, seni rupa, seni sastra dan juga seni tari.

Selain untuk praktek kesenian, Galery Wong Kampoeng ini juga untuk melakukan praktek kesenian seperti pengkajian, penciptaan, dan diskusi-diskusi mengenai kesenian. Sekaligus sharing pengalaman, penciptaan dan bagaimana membangun jaringan kesenian internasional.

 “Saat ini kesenian kita harus mendunia. Titik-titik lemah yang saat ini seperti, kemampuan bahasa, kepercayaan diri harus mulai dikikis. Sehingga karya kesenian kita bisa mendunia,” tutupnya. (Dtb)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories