Dukung UMKM Sebagai Pilar Ekonomi, Anggota DPR RI Kenalkan Kedai Kerakyatan

Sabtu, 22 Agustus 2020 : 21.12

0 komentar

TERASWISATA - Usung konsep ekonomi kerakyatan, Kedai Kopi Willys yang terletak di Tegalasri, Bejan Karanganyar ini juga gunakan produk lokal asli Karanganyar. Baik itu bahan baku, bahan desain interior hingga tenaga kerjanya.

Kedai Kopi Willys milik putri ke dua anggota DPR RI dari PDIP, Paryono sengaja menghadirkan produk lokal dengan sentuhan kekinian. Di kedai ini semua makanan yang disajikan merupakan makanan lokal hasil petani yang ada di Karanganyar.

Bisa dinikmati oleh segala kalangan dan yang pasti harganya ramah di kantong. Mantan Wakil Bupati Karanganyar periode 2008-2013 saat pembukaan Kedai Willys sampaikan dirinya sengaja mengajak anak dan masyarakat lainnya untuk menghidupkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita lebih menekankan konsep kedai kerakyatan. Karena dalam kondisi saat ini tidak bisa dipungkiri lagi jika sektor UMKM, yakni usaha kerakyatan, usaha kecil menjadi penyokong ekonomi dalam masyarakat," papar Paryono, Jumat (21/8/2020) malam.

Menurut Paryono, Kedai Kopi Willys ini menerapkan ekonomi kerakyatan. Dimulai dari desain yang menggunakan ferniture dari kayu produksi lokal, bukan produksi pabrik. "Mari kita bangun ekonomi kerakyatan, kita bangun UMKM," papar Paryono.

Menurutnya selama ini justru dari pelaku UMKM yang mampu bertahan karena mereka jelas memiliki etos pantang menyerah, penuh kreativitas serta sangat mandiri. Untuk itu dirinya mengarahkan pada putri dan masyarakat untuk berlatih berwirausaha apapun jenisnya.

Salah satu contohnya dengan membuat kedai kopi. Tentunya dengan menggunakan produk (bahan baku) lokal dari Karanganyar khususnya.

Disebutkan juga bahwa kalangan UMKM mampu bertahan karena mereka jelas memiliki etos pantang menyerah, penuh kreativitas juga sangat mandiri dari aspek produksi hingga pemasaran.

"Itulah sebabnya ekonomi di Indonesia mampu bertahan di segala suasana sehingga menjadi penyangga ekonomi agar mampu bertahan. Salah satunya adalah keberadaan UMKM yang menjadi penopangnya," tegas Paryono.

Pengembangan UMKM sendiri disebut Paryono sudah sesuai dan sejalan dengan arahan pemerintah, arahan presiden Jokowi agar memperkuat sektor UMKM. Bahkan untuk menguatkan sektor UMKM, pemerintah mengelontorkan bantuan untuk 12 juta lebih pelaku UMKM.

"Sesuai dengan arahan pemerintah maupun presiden mari kita perkuat UMKM dan perekonomian rakyat. Dan ini salah satunya (kedai kopi) semacam ini," pungkasnya. (dia)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories