Gunung Lawu, Wisata Alam Murah Meriah

Senin, 20 Juli 2020 : 23.19
KARANGANYAR - Anda suka berwisata atau mau merencanakan berwisata. Atau bagi anda yang berminat berwisata alam, mungkin wisata alam di Gunung Lawu bisa menjadi alternatif wisata anda. Apalagi informasi Gunung Lawu kembali buka menjadi tranding topik yang kerap dibicarakan di media sosial.

Tak perlu khawatir dompet anda jebol atau terkuras. Sebab, meski menyuguhkan wisata alam yang luar biasa cantik dan eksotik tak kalah dengan lokasi wisata lainnya. Di tempat ini, semuannya bisa anda nikmati secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kecuali kalau anda mampir kederetan warung yang bisa ditemui disepanjang jalur penghubung menuju Jawa Timur.

Dewi Hapsari (35) salah satu pengunjung Gunung Lawu asal Yogyakarta ini mengatakan, hampir setiap dua minggu dirinya condong lebih memilih untuk berwisata alam di Gunung Lawu. Dibandingkan berwisata di tempat asalnya.

Di Gunung Lawu inilah, Dewi bisa berekspresi layaknya seorang pendaki Gunung sungguhan. Pasalnya, di posko satu jalur pendakian Cemoro Sewu, Gunung Lawu, siapapun bisa berekspresi sebagai pendaki.

Karena di posko ini, terdapat papan petunjuk menuju puncak Gunung. Bahkan, para pengunjung ini juga, bercengraman dengan anjing pelacak milik para pendaki. Tentu saja dengan didampingi oleh para pendaki yang bertugas sebagai pawang anjing pelacak.

"Awalnya saya kira mahal untuk berwisata di Gunung Lawu. Namun ternyata tidak ada sepeserpun uang yang di keluarkan. Jadi begitu ada informasi kalau Gunung Lawu kembali dibuka untuk wisata, saya langsung datang ke sini. Sekalian mengobati kerinduan dan menghilangkan trauma akibat pandemi," papar Dewi, saat ditemui teraswisata.com di posko satu, Cemoro Sewu Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (20/7/2020).

Namun, bila isi sakunya tebal, ungkap Dewi, bisa mengikuti paket wisata yang ditawarkan operator wisata yang ada di sekitar Gunung Lawu. Muli dari menginap, keliling lokasi, naik APV, serta memanjat tebing. Semuanya itu, biayanya sekitar Rp1 juta lebih. Biaya tersebut termasuk makan dan minum.

Selain pemandangan eksotis, wisatawan pun dijamin akan ketagihan berwisata di Gunung Lawu. Pasalnya, tepat di depan pintu masuk posko satu Cemoro Sewu, berjejer warung-warung yang menawarkan kuliner khas wilayah ini.

Terutama sop buntutnya yang akan membuat wisatawan akan kembali lagi ke wisata alam Gunung Lawu. Meskipun ada kuliner-kuliner lainnya yang ditawarkan nasi liwet, goreng jengkol, goreng teri, sambal dan lalaban serta mie godok plus telor serta jagung bakar.

“Selain alam, kuliner khas inipun membuat ketagihan dan pasti ingin lagi ke sini,” imbuh dia.

Tak hanya itu, bila beruntung pengunjung pun bisa menikmati kesenian khas jawa. Seperti, ketoprak, cokean, tayub. Mungkin, suasana pedesaan nan elok seperti ini sangat dirindukan oleh masyarakat perkotaan.

Puas berwisata murah di Gunung Lawu, bila ingin melanjutkan perjalanan, Tlaga Sarangan yang terletak tepat di lereng Gunung Lawu yang berada di wilayah Jawa Timur pun bisa di kunjungi.

“Ibatarnya three in one. Satu tujuan, dua tiga obyek bisa dikunjungi. Mulai dari Candi Sukuh, Candi Cetho, Air Terjun Grojogan Sewu, wisata alam Gunung Lawu dan Tlaga Sarangan,"pungkasnya. (Sus)

Share this Article

Saat ini 0 komentar :