Angkingan Bernuansa Bali di Omahe Whawin Solo

Rabu, 22 Juli 2020 : 23.35

0 komentar

SOLO - Solo sangat identik wedanganya. Mulai wedangan kaki lima sampai hotel bintang lima. Harganya juga beragam, mulai dari harga yang ramah untuk kantong sampai harga yang menguras kantong.

Saat ini wedangan di kota Solo mulai dikemas dangan desain yang unik. Salah satunya adalah wedangan 'Omahe Whawin' yang berada di pinggir kota Solo. Mengusung konsep budaya Jawa dan bali wedangan omahe Whawin menjelma menjadi "Ubudnya Solo."

Contohnya adalah desain lokasi wedangan yang memadukan interior Jawa seperti Joglo, gebyog, dokar, garu, kandang kerbau, patung kepala Budha, dan pernak-pernik patung khas Bali dan Jawa.

Di Bali, Ubud identik dengan suasana pedesaan, jauh dari kebisingan dan keriuhan kota. Wisatawan datang ke Ubud untuk mencari suasana berbeda, tenang dan nyaman dan asri karena rimbunnya pepohonan.

Lokasi angkringan letaknya agak masuk ke dalam kampung meskipun sebenarnya berada di tengah kota Solo namun suasana pedesaan masih terasa kental. Lokasinya masih asri, banyak pohon kamboja, ada bambu hias juga tanaman keras lainnya.

Nuansa khas Bali juga sangat kental dengan alunan musik khas Bali, terkadang juga diselingi gamelan Jawa yang menemani  pengunjung menikmati sajian kuliner wedangan Omahe Wawin.

Wedangan yang berdiri pada Minggu, 21 Februari 2016 lalu menghadirkan beragam menu khas angkringan seperti nasi kucing, yang bisa disajikan dengan dibakar, seperti Nasi Bakar Ayam, Nasi Bakar Bebek, Nasi Bakar Otak-otak Bandeng, Nasi Bakar Kakap, Nasi Bakar Telur, Nasi Bakar Tahu Tempe, dan sebagainya.

Tersedia juga berbagai jenis sate dan gorengan, juga beragam sundukan seperti sate, ati, usus dan masih banyak lagi.

Ada juga minuman khas tradisional seperti  Wedang Lower, Wedang Uwuh, Wedang Soklat, Wedang Jahe Gepuk, Wedang Beras Kencur, dan Es Omahe Whawin. Harga makanan bervariasi antara Rp 5.000 – Rp 30 ribu. Sedangkan minumannya antara Rp 3.500 – Rp 8.500.

Sedangkan minuman unggulan di wedangan Omahe Whawin adalah wedang lower yang terbuat sari beragam rempah seperti jahe, kapulaga, kayu manis dan sedikit merica. Harga wedang lower di patok Rp. 5000. (Uut/Ian)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories