Umbul Mantram Sambut Tradisi Grebeg Sudiro dan Tahun Baru Imlek Tahun 2020

Kamis, 16 Januari 2020 : 23.45

0 komentar

Teras Wisata - Warga Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta mengadakan prosesi ritual Umbul Mantram sebagai simbol dimulainya serangkaian agenda Grebeg Sudiro 2020 sekaligus menyambut perayaan tahun baru Imlek ke- 2571.

Ritual Umbul Mantram merupakan simbol ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta wujud penguatan semangat Kebhinekaan Indonesia. Ritual ini bermakna sebagai simbol perekat persatuan dan kesatuan dan semangat gotong royong.

Prosesi diawali dengan kirab iring iringan mengitari wilayah Sudiroprajan. Rute yang dilalui kirab umbul mantram dimulai dari RW7-Jl. Kapten Mulyadi-Kepanjen-Jl. Sumase-Jl. Ir Juanda-Jl. Jend. Urip Sumoharjo-Jl. RE.

Martadinata-Kelurahan Sudiroprajan. Formasi kirab terdiri dari para sesepuh kampung, pembawa tombak pusaka, pembawa gunungan sayur, kue dan buah buahan.

Dua buah gunungan hasil bumi di sajikan bersama aneka ragam sesaji lainya, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dari warga Sudiroprajan.

Rangkaian sesaji adalah bentuk regalia, simbol rasa syukur kepada alam semesta sekaligus doa dan harapan warga Sudiroprajan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan di gelarnya grebeg bersamaan dengan perayaan Imlek, adalah akulturasi budaya Jawa – Tionghoa.

Setelah iring iringan kirab selesai, acara dimeriahkan oleh Padepokan Keris Brojobuwono, Kesenian dan Tarian Tradisional.

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories