Lokasi Wisata Seputar Borobudur, Tak Kalah Cantik

Kamis, 05 Desember 2019 : 07.08

0 komentar

TERASWISATA - Jawa Tengah dikenal sebagai Provinsi 1000 Candi karena memiliki ratusan cagar budaya berupa Candi yang tersebar di beberapa Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah. Candi yang sangat populer dan menjadi magnet wisata Jawa Tengah adalah Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Seperti dikutip dari situs resmi Pemkab Magelang, Candi Budha ini tak hanya memiliki arsitektur yang mengagumkan, sehingga menarik untuk dikunjung, tetapi juga bernilai historis yang tinggi.

Selama di Magelang, Anda juga bisa menjelajahi candi-candi lainnya yang juga berusia ribuan tahun dan letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur.

CANDI MENDUT

Saat melintasi jalur utama Jogja – Borobudur,tepatnya di Jalan Mayor Kusen, Anda akan menjumpai sebuah Candi yang disebut dengan Candi Mendut. Usia Candi bercorak Budha ini diperkirakan lebih tua daripada Candi Borobudur.

Sebuah prasasti dari Karang Tengah berangka 824 Masehi menyebutkan Raja Indra dari Dinasti Syailendra mendirikan sebuah bangunan suci.

Seorang ahli arkeologi Belanda, J.G. de Casparis, menghubungkan tempat suci tersebut dengan Candi Mendut. Candi ini memiliki denah dasar berbentuk segi empat berukuran 10 x 10 meter dan tinggi bangunan 13,3 meter.

Pada dinding Candi terdapat relief-relief yang mengandung cerita berdasarkan ajarah Budha. Beberapa hiasan relief menggunakan tokoh binatang sebagai pemerannya, seperti Brahmana dan Kepiting, Angsa dan Kura-kura, Dua burung betet, dll.

CANDI PAWON

Candi Pawon terletak hanya 1,75 km dari Candi Borobudur, tepatnya di dusun Brojonalan, kelurahan Wanurejo, kecamatan Borobudur.

Bangunan ini diperkirakan dibangun pada abad 8-9 Masehi sebagai tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra. Para ahli berpendapat bahwa Candi Pawon merupakan pintu gerbang Candi Borobudur, sebagai tempat umat membersihkan badan dan pikirannya dari kekotoran batin.

CANDI UMBUL

Berbeda dengan candi-candi pada umumnya, Candi Umbul merupakan situs pemandian air hangat peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Magelang.

Terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Candi Umbul berjarak sekitar 9,6 km dari Candi Borobudur arah ke Semarang.

Situs Candi Umbul memiliki dua kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran berbeda dan sebagian besar dinding kolam adalah batu andesit. Sumber air hangat keluar dari dasar kolam atau ‘mumbul’ (umbul) dalam bahasa Jawa.

Candi Umbul bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melepas penat dengan berendam air panas bagaikan keluarga Raja di antara asrinya suasana pedesaan.

CANDI SELOGRIYO

Bagi Anda yang memiliki hobi trekking, maka berkunjung ke Candi Selogriyo bisa menjadi pilihan. Candi ini terletak di hutan, kecamatan Windusari atau sekitar 28 km dari Candi Borobudur.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu gerbang.

Karena letaknya di tengah hutan, Anda akan disuguhi panorama alam berupa perbukitan dan terasering persawahan yang sangat indah di sepanjang perjalanan. Jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahannya dengan kamera Anda.

CANDI NGAWEN

Siapa mengira tak jauh dari jalur utama Yogya – Magelang, tepatnya di Muntilan, terdapat Candi peninggalan dari abad 9-10 Masehi, yaitu Candi Ngawen.

Candi tersebut berlatar agama Budha  dan terdiri dari 5 buah candi berderet. Salah satu keunikannya adalah keberadaan 4 buah patung singa di setiap sudut candi II dan candi IV. Candi ini terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan dsn dikelilingi persawahan dan pemukiman penduduk. (Dya)

Share this Article

TeraswisataTV

More Stories