Candi Bugisan Klaten Masuk Nominasi 10 Situs Sejarah Terpopuler Versi API

Sabtu, 05 Oktober 2019 : 17.37
TERASWISATA - Candi Bugisan yang terletak di Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa masuk dalam daftar nominasi Anugerah Pesona Indonesia 10 situs sejarah terpopuler bersaing dengan sembilan nominator lainnya.

Wisata andalan di candi Bugisan adalah menyaksikan keindahan sunset (sinar matahari tenggelam) dan sunrise ( sinar matahari terbit) nan eksotik  menyembul di antara bebatuan candi. Dengan latar belakang area persawahan yang menghijau menjadi daya tarik tersendiri.

Pemerintah Kabupaten Klaten sangat getol agar situs sejarah peninggalan Hindu di abad – 9 dari Raja Rakai Pikatan masa Mataram kuno ini dijagokan terpilih di ajang API 2019. Dan untuk memenangkan Candi Bugisan yang terletak di Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah itu, masyarakat cukup vote di aplikasi Praja TV di alamat bit.ly/prajatv.

“ Monggo warga Klaten dan Jawa Tengah jangan lupa dukung dan vote Candi Plaosan sebagai situs sejarah paling populer di ajang API 2019. Caranya mudah unduh aplikasi Praja TV dan pilih Candi Plaosan Klaten sebagai situs sejarah terpopuler” kata Kepala Bidang Pariwisata Ety Puspitarini.

Nominasi situs sejarah terpopuler itu antara lain, Benteng Keraton Buton (Baubau), Cagar Gunung Penanggungan (Mojokerto), Candi Plaosan (Klaten), Fort Malborough (Bengkulu), Istana Raja Sisingamangaraja (Humbahas), Kota Kuno Banten (Serang), Lembah Bada (Poso), Perahu Batu (Kepulauan Tanimbur), Pugung Raharjo (Lampung Timur), dan Rumah Bung Karno (Bangka Barat).

“Dalam kalender tahunan 2019 Candi Plaosan memang diunggulkan dan dipilih sebagai tempat acara. Festival Gerobag Sapi, Tour De Temple, Festival Taman Bugisan sampai sepeda santai melintasi obyek wisata candi di Klaten beberapa waktu lalu menjadi bagian promosi Candi Bugisan. Maka jangan lupa vote Candi Palosan” Pesan Rini.

Vote sudah dibuka sejak Juli dan ditutup 31 Oktober 2019 mendatang. Hasil vote dari 10 situs itu kemudian akan diumumkan.

Yang mendapat vote paling banyak maka akan dinobatkan sebagai Situs Sejarah Paling Populer.

Ditambahkan Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Daya Tarik Sarana Wisata, Disparbudpora Klaten, Ahmad Susanto mengatakan keikutsertaan dalam ajang apresiasi pariwisata terpopuler di Indonesia itu baru dua tahun terakhir ini. Ada sejumlah obyek wisata yang diusulkan agar masuk nominasi.

Sebetulnya ada beberapa obyek wisata yang kita usulkan di tahun ini, dan Candi Plaosan berhasil masuk nominasi. Tergabung dalam nominasi situs sejarah terpopuler," pungkasnya. (Yan)

Saat ini 0 komentar :