Selamat Datang Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Rabu, 18 Juli 2018 : 21.07
Teraswisata - Kemeriahan Asian Games semakin terasa dengan tibanya pawai obor (torch relay) di Indonesia. Yogyakarta mendapatkan kehormatan untuk menjadi kota pertama yang disinggahi oleh Api Obor Asian Games 2018 yang didatangkan khusus dari India.

Api tersebut akan dinyalakan di Stadion Gelora Bung Karno saat pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Api Obor Asian Games ini telah menempuh perjalanan sejauh 7.300 km dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India hingga sampai di Yogyakarta. Menggunakan pesawat boeing 737-500 dengan dikawal oleh lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI AU, mendarat di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Obor api tersebut akan berkeliling dari Museum Dirgantara hingga Candi Prambanan untuk disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah dalam acara Konser Torch Relay Asian Games 2018. Selanjutnya, api obor ini dibawa berkeliling 54 kota di 18 provinsi seluruh Indonesia.

Pawai obor Asian Games 2018 di Yogyakarta dimulai dari Keraton Yogyakarta. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X secara resmi menyalakan obor Asian Games dari kalderon mini yang telah disiapkan di halaman kraton dan menyerahkan obor kepada Menlu Retno Marsudi.

Menlu kemudian berlari sejauh 100 meter ke Alun-alun Utara dan secara estafet memberikan obor Asian Games ke-18 itu kepada Kapolda DIY, Komandan Lanud Adisutjipto, dan Danlanal Yogyakarta.

Pawai obor Asian Games di Yogyakarta juga melibatkan mantan-mantan atlet nasional asal Yogyakarta yang telah berprestasi dalam kejuaraan-kejuaraan internasional. Mereka menjadi pembawa obor dan berlari menuju ke pembawa obor lain untuk menyerahkan obor secara estafet.

Sebagai Official Prestige PartnerAsian Games 2018, PT AstraInternational Tbk turut berpartisipasi dalam torch relay Asian Games 2018 di 10 kota. Diantaranya, Solo yang akan berlangsung hari ini, Denpasar, Mataram, Sorong, Makassar, Banjarmasin, Sumatera Utara, Palembang, Bandung dan Jakarta.

Torch bearer di 10 kota ini adalah para koordinator wilayah Grup Astra di kota-kota bersangkutan, didukung juga oleh ratusan pendukung yang merupakan karyawan Grup Astra di kota tersebut. (Dian)

Saat ini 0 komentar :