Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Selasa, 12 Juni 2018 : 20.48
Teraswisata - Persiapan lain yang harus dilakukan sebelum mudik dan meninggalkan rumah untuk beberapa waktu lamanya ada beberapa hal vital yang harus diperhatikan agar pemudik bisa merasa mana dan nyaman selama pulang ke kamping halaman.

Yakni keamanan rumah yang akan ditinggalkan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, Teraswisata merangkumnya dari beberapa sumber informasi.

1. Pastikan kondisi pintu, jendela rumah dalam keadaan terkunci
Sebelum anda mudik, sebelum meninggalkan rumah, pastikan kembali kondisinya sudah terkunci rapat. Jangan sampai satupun terlewatkan. Simpan barang berharga ditempat yang aman, jika perlu untuk perhiasan bisa disimpan di lokasi yang aman. Bahkan ada beberapa yang justru aman menyimpan di pegadaian. Dan setelah pulang dari kampung halaman baru diambil kembali.

2. Pastikan listrik dan air dalam kondisi sudah mati
Antisipasi hal yang tidak diinginkan, sebelum meninggalkan rumah cabut seluruh kabel yang teraliri listrik. Jangan sampai ada satupun kabel yang tersambung dengan aliran listrik. Selain itu cek kran air, harus dalam posisi mati, lebih amanya lagi matikan dari saluran utama PAM yang biasanya ada di depan rumah untuk mencegah kebocoran air.

3. Cabut selang regulator kompor gas
Memastikan tidak terjadi kebocoran gas lebih baik cabut selangnya agar tidak membahayakan saat rumah kosong ditinggal mudik pemghuninya.

4. Berikan kunci ganda pada kendaraan juga pintu rumah dan kamar
Tujuannya penggunaan kunci ganda untuk keamanan kendaraan dan juga rumah. Jangan biarkan kunci masih menempel di kendaraan. Simpan di lokasi aman yang tidak mudah dijangkau atau diketahui pihak lain.

5. Ada baiknya berpamitan pada ketua RT ataupun tetangga kanan kiri yang mungkin saja tidak mudik. Tujuannya agar ikut memantau kondisi rumah anda selama ditinggal mudik. Tinggalkan nomor telepon yang mudah dihubungi jika terjadi hal-hal darurat. (dian)

Saat ini 0 komentar :