Sate Kere 'Yu Ngatmi' Menu Istimewa Saat Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution

Rabu, 06 Juni 2018 : 16.06
Teraswisata - Nikmati sensasi gurihnya Sate Kere saat kunjungi kota Solo. Menu unik yang awalnya berbahan murah meriah seperti tempe gembus dan tempe kedelai hanya kalangan biasa yang menyukainya.

Sate kere awalnya hanya terbuat dari tempe gembus (sisa dari ampas tahu) dan tempe kedelai yang sebelumnya dibumbui terlebih dulu dengan cita rasa manis, gurih kemudian dibakar diatas bara api seperti sate daging pada umumnya.

Namun kini juga ditambah menu lain yakni sate sapi sapi, kikil, iso (usus sapi) dan babat. Menu sate kere mendadak booming saat disajikan dalam pesta pernikahan putra Presiden Jokowi, Gibran Ralabing Raka beberapa tahun lalu.

Menikmati sate kere sama seperti sate-sata yang lainnya. Paling cocok disajikan dengan lontong. Paling nikmat disajikan dalam keadaan hangat. Selera konsumen juga berbeda, ada yang menyukai rasa sate kere original yang hanya berisi gembus dan tempe. Namun ada juga yang dipadukan dengan sate sapi dan kikil.

Salah satu warung sate kere yang terkenal di Solo adalah sate kere Yu Ngatmi yang setiap hari buka di kawasan Widuran Solo. Saat mantu putra Jokowi, sate kere milik Yu Ngatmi ini juga disajikan bersama menu khas Solo lainnya.

Satu porsi sate kere ini potongan lontong dan berisi tujuh tusuk sate yakni lima dari daging sapi, kikil, iso, dua tusuk sate kere yang terdiri dari tempe gembus dan tempe kedelai selanjutnya disiram dengan kuah kacang yang kental dan legit dipatok dengan harga seharga mulai Rp. 25 ribu.

Selain sate kere Yu Ngatmi ada lagi warung sate kere yang juga legendaris, yakni sate kere Yu Rebi yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Teposanan, Solo belakang Musium Keris.

Namun sate kere ala Yu Rebi yang berada ini terkenal dengan sate kere yang diolah dari jerohan daging sapi. Jadi bukan dagingnya yang digunakan namun bagian dalam dagingnya. Karena daging mahal, ya digunakan jerohannya saja yang jauh lebih murah.

Namun rasanya tetap menggoda. Uniknya cara mengolahnya berbeda dengan sate daging kambing.

Untuk sate kere, jerohannya dimasak terlebih dahulu dengan bumbu bacem. Setelah ada yang memesan, sate kere jeroan sapi baru dibakar. Seporsi sate kere Yu Rebi dipatok mulai harga Rp. 30 ribu sudah lengkap dengan lontong atau nasi. (dian)

Saat ini 0 komentar :