Ini Kumpulan Patung Budha Terbesar di Dunia

Selasa, 29 Mei 2018 : 22.13
patung budha terbesar di dunia
Teraswisata - Kumpulan patung-patung Budha terbesat di dunia yang merupakan mahakarya seni manusia. Ada yang merupakan hasil karya di jaman modern namun ada juga yang merupakan peninggalan budaya jaman lampau yang bernilai sejarah tinggi. Teraswisata merangkumnya salah satunya warisan budaya adiluhung nusantara, Candi Borobudur.

Leshan Giant Buddha di Cina (Foto:Pinterest)
1. Leshan Giant Buddha (China)
Patung Budha berukuran besar ini dipahat di sebuah lembah yang langsung menghadap ke laut di Sichuan, bagian barat Cina. Mulai dibangun selama masa pemerintahan dinasti Tang tahun 713. Masa pembangunan patung yang dipahat dengan melibatkan ribuan pemahat selama lebih kurang 90 tahun lamanya.

patung budha di thailand (Foto:Daddut)
2. Temple of the Emerald Buddha (Thailand)
Patung Budha ini terletak di Vihara Buddha Zamrud dan menjadi salah satu patung tertus di dunia. Konon patung itu dibuat di India pada abad ke-4 M. Selanjutnya patung ini dibawa ke Sri Lanka oleh para biksu buddhis untuk menyelamatkannya dari peperangan yang terjadi. Kemudian patung ini dibawa ke Thailand dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew di tahun 1779.

Ada juga Temple of the Reclining Buddha yang terkenal dengan patung Buddha berbaringnya yang besar. Vihara ini merupakan salah satu vihara terbesar dan tertua di Bangkok, dibangun sekitar 200 tahun setelah Bangkok menjadi ibukota Thailand.

patung Buddha di Jepang (Foto:Japan Guide)
3. Great Buddha of Kamakura (Jepang)
Buddha Agung Kamakura atau dalam bahasa Jepang biasa disebut Daibutsu Kamakura, merupakan sebuah patung perunggu monumental dari Amida Buddha (Buddha Amitabha) di kota Kamakura, Jepang.

Berdiri kokoh di tanah Kotokuin, sebuah kuil buddhis aliran Tanah Suci. Saat ini dan patung Buddha ini menjadi salah satu ikon terkenal dalam industri pariwisata masyarakat Jepang.

Selain itu ada juga patung Ushiku Daibutsu, terletak di kota Ushiku, Jepang. Salah satu patung tertinggi di dunia, setinggi 120 meter termasuk 10 meter pondasi dan 10 meter platform berbentuk teratai.

Patung Buddha di Srilangka (Foto:Flickr)
4. Gal Viharaya (Srilanka)
Patung Budha di Sri Lanka, Polonnaruwa merupakan situs salah satu patung Buddha yang paling terkenal di dunia. Vihara batu ini dibuat oleh Parakramabahu Agung di abad 12 Masehi. Ditengah vihara berdiri 4 patung Buddha berukuran besar.

Di antara ke-4 patung Buddha ini adalah sebuah patung Buddha berbaring sepanjang 14 meter da n sebuah patung Buddha berdiri setinggi 7 meter.

Patung Buddha di Myanmar (Foto:Myannmar Handicrafts)
5. Monywa Buddha (Myanmar)
Monywa Buddha, merupakan patung Buddha berbaring terbesar di dunia. Terletak di sebuah kota di tengah Myanmar yang terletak di pinggiran Sungai Chindwin.

Patung ini memiliki total panjang 90 meter. Kepala patung ini memiliki tinggi 60 kaki. Patung Buddha Monywa ini dibuat tahun 1991 dan berlubang didalamnya, sehingga pengunjung bisa masuk ke dalam.

Patung Budha di Candi Borobudur (Foto:kakakpintar)
6. Candi Borobudur (Indonesia)
Merupakan gugusan candi Budha terbesar di dunia. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, itu dihiasi dengan lebih dari 2.500 panel relief dan 504 patung. Kubah utamanya dihiasi 72 patung Buddha yang semuanya ditempatkan di dalam stupa.

Uniknya semua patung Budha yang ada di candi Borobudur semuanya dalam posisi duduk, namun dengan posisi tangan yang berbeda-beda. Semula jumlah patung Budha di Candi Borobudur ada 504. (dian)

Saat ini 0 komentar :