Mau Mudik Pakai Mobil Pribadi? Ikuti Tips Aman Ini

Rabu, 06 Juni 2018 : 16.27
Teraswisata - Banyak alasan kenapa selama musim mudik lebaran banyak sekali yang memilih menggunakan mobil pribadi. Selain hemat, pemudik juga bisa nyaman selama perjalanan. Sesekali bisa beristirahat dan singgah di beberapa kota sambil menikmati tempat wisata yang ada.

Bagi pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi pulang ke kampung halaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menempuh perjalanan jauh. Perhatikan beberapa hal penting untuk pemudik bisa aman dan nyaman selama perjalanan.

Teraswisata merangkum beberapa tips mudik yang perlu diperhatikan agar perjalanan lancar dan tiba di kampung halaman dengan selamat.

1. Cek kondisi kendaraan terlebih dahulu
Pastikan kondisi kendaraan anda layak digunakan untuk mudik lebaran. Pastikan oli rem dan oli mesin diganti yang baru, agar mesin bisa optimal bekerja. Busi mobil juga perlu pengecekan. Supaya pembakaran bahan bakar menjadi optimal, sehingga saat anda menyalakan mesin mobil menjadi lebih mudah.

Jika busi pada mobil bermasalah, maka pembakaran bahan bakar tidak optimal dan menyebabkan mobil akan tersendat-sendat. Bila perlu bawa ke bengkel langganan anda untuk memastikan kendaraan anda prima untuk perjalanan jauh.

2. Cek kondisi ban
Jangan lupa memeriksa tekanan angin pada ban dan kaki-kakinya supaya laju kendaraan lebih stabil. Pastikan ban cadangan dan juga peralatan pendukung seperti kunci pas, kunci inggris, dongkrak, segitiga pengaman selalu tersedia di dalam mobil.

3. Periksa Lampu Mobil
Periksa kondisi lampu utama, belakang, dan lampu sein apakah dapat menyala dengan baik atau tidak. Selain itu pastikan juga apakan alarm mobil dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Tujuannya untuk keamanan saat ditinggal istirahat.

Selain itu kampas rem, kampas kopling dan lainnya kondisinya harus baik. Jika diperlukan lebih baik diganti dengan yang baru.

4. AC Mobil Harus Berfungsi Baik
Selanjutnya pastikan AC dalam kondisi bersih dari kotoran dan debu. Jika saringannya kotor pendinginan mobil tidak bisa maksimal. Padahal kondisi perjalanan diperlukan kenyamanan terutama untuk pengemudi. Cuaca panas membuat konsentrasi mengemudi sedikit terganggu.

5. Persiapkan Stamina Tubuh Sehat
Kondisi badan harus sehat dan fit diperlukan untuk mengemudikan kendaraan. Pasalnya kondisi badan pengemudi menjadi fokus utama. Saat merasakan ngantuk ketika mengemudi jangan lanjutkan perjalanan. Lebih baik hentikan kendaraan dan biarkan tubuh istirahat sejenak.

Memaksakan diri mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk bisa membahayakan diri dan juga penumpang yang lainnya. Pilih lokasi istirahat yang aman seperti di rest area yang tersedia di sepanjang jalur mudik. Ingatlah pepatah "Biar Lambat Asal Selamat" itu jauh lebih baik.

6. Persiapkan makanan, minuman dan obat
Tiga hal tersebut juga penting dan sangat diperlukan selama perjalanan mudik. Selain untuk menghemat pengeluaran, juga sebagai antisipasi jika saat lapar dan kondisi jalan warung tutup bisa menjadi alternatif pengganjal perut lapar selama perjalanan. Obat-obatan ringan juga diperlukan terutama jika membawa bayi dan balita. (dian)

Saat ini 0 komentar :